“TINGKATKAN KESADARAN BELA NEGARA DI KAB MALINAU,YONIF 614/RJP BANTU KEGIATAN LOMBA KREASI BARIS BERBARIS”

MALINAU – Lomba LKBB diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari siswa sekolah dasar sampai sekolah menengah ke atas, dalam pelaksanaan kegiatan lomba ini para peserta lomba sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan lomba LKBB, masin- masing kelompok menunjukkan aksi kebolehannya masing-masing. Lomba peraturan baris berbaris merupakan salah satu wujud pembentukan karakter bagi generasi muda Indonesia dalam mengembangkan rasa Cinta tanah air serta mempertebal jiwa Kebangsaan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Dewan Pengurus IKAPTK Kab. Malinau menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai upaya pembinaan pada generasi muda untuk membentuk karakteristik bela negara dan cinta tanah air. Karakteristik Kedisiplinan , kekompakan dan Patriotisme juga bisa dibentuk dari lomba ini, maka dengan harapan diadakan lomba LKBB ini bukan hanya dari peserta lomba saja yang dapat terbentuk karakter seperti ini , namun dari semua yang hadir dan menghadiri juga dapat terbentuk karakteristi bela Negara dan cinta Tanah Air.

Dalam instansi pendidikan materi PBB wajib dimiliki oleh tiap siswa karena merupan modal dasar dalam untuk mencetak pelajar guna memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi. Kegiatan perlombaan PBB tersebut yang di selenggarakan oleh pemerintah Kab. Malinau, dan instansi pemerintah tersebut meminta perwakilan dari Batalyon, Kodim, Pemerintah Kabupaten, dan Polres untuk menjadi dewan juri dalam acara lomba PBB tersebut.

Salah satu Perwira Yonif 614/Rjp yaitu Letda Inf Rudi menjadi satu juri penilai dalam kegiatan LKBB ini. Dalam pelaksanaannya juri harus netral dimana tidak memihak kepada salah satu peserta lomba LKBB. “Saya senang dapat berpartisipasi sebagai juri dalam lomba ini, semua peserta saling menunjukan performa terbaik masing-masing sampai kami kebingungan harus memilih yang mana yang akan menjadi yang terbaik.” Ujar letda Inf Rudi.

Masing masing peserta di wajibkan harus memberikan minimal 35 gerakan baris berbaris yaitu gerakan PBB dasar termasuk cara penghormatan yang benar dan lain-lain, adapun penutup di acara penampilan PBB tersebut masing masing kelompok atau Tim harus memberikan persembahan yel yel kepada dewan juri , hal tersebut adalah hal yang paling menarik dari rangkaian lomba tersebut.

Danyonif 614/Rjp Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho, S.I.P mengungkapkan bahwa Kegiatan ini sangat baik untuk menciptaikan bibit-bibit genderaasi muda untuk kedepannya ikut berpartisipasi menjadi anggota TNI/Polri karena PBB merupakan salah satu bagian yang tidak bisa dipasahkan dalam aturan militer.

About admin

Admin Web Brigif 24/BC

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.