PENYULUHAN KANKER SERVIK KEPADA PERSIT KCK RANTING 3 YONIF 614/RJP

MALINAU – Dalam pertemuan Persit Kartika Chandra Kirana Ranting 3 Yonif 614/Rjp dilaksanakan sosialisasi dan deteksi dini Kanker Serviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat) di Aula Asmil Yonif 614/Rjp Malinau, Sabtu (16/02).

Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang paling umum mengenai organ reproduksi wanita. Beberapa jenis human papilloma virus, suatu infeksi menular seksual, mempunyai peran penting dalam kebanyakan kasus kanker serviks. Kanker leher rahim (kanker servik) adalah kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yg merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara uterus (rahim) dengan liang vagina.

Untuk pencegahan sekunder terhadap kanker serviks hendaknya para wanita rajin melakukan skreaning & papsmear. ada beberapa tips sehat untuk mencegah kanker serviks antara lain dengan rajin menjaga organ kewanitaan, menghindari pembalut yang mempunyai kualitas rendah dan vaksin anti kanker serviks serta deteksi organ intim secara dini dan berkala.

Dr. Thomas dari Dinkes Malinau menjelaskan “Dengan dilaksanakan sosialisasi ini diharapkan para persit KCK Ranting 3 Yonif 614/Rjp dapat memahami serta dapat mendistribusikan pengetahuan tentang kanker serviks kepada keluarga terdekat serta lingkungan”.

Sosialisasi ini dihadiri Ketua Persit KCK Ny. Eva Santi Dharmawan serta ibu-ibu pengurus dan anggota Persit Kartika Chandra kirana ranting 3 Yonif 614/Rjp Cabang LX Brigif 24 PD VI/Mulawarman. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi saya dan ibu asrama ini, karena dengan adanya kegiatan ini ibu-ibu Persit akan tau apa yang harus dilakulakan untuk mencegah terjangkit kanker Servik.

“Kita tahu penyakit ini sangat berbahaya bagi wanita dan harus dicegah sedini mungkin bila ada indikasi terjangkit, terimakasih banyak untuk Dinkes malinau untuk info & pemahaman mengenai kasus ini”. Ujar Ny. Eva Santi Dharmawan.

About admin

Admin Web Brigif 24/BC

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.