PELIHARA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA,BRIGIF-24/BC IKUTI GERAK JALAN SEHAT HUT KERUKUNAN UMAT BERAGAMA BERSAMA PROVINSI KALTARA, PEMDA BULUNGAN, TNI/POLRI DAN MASYARAKAT

TANJUNG SELOR – Ribuan masyarakat dari berbagai Agama, Suku dan berbagai Organisasi bersama-sama dengan TNI/Polri, Pemprov Kaltara dan Pemda Bulungan sangat antusias mengikuti kegiatan Jalan sehat dalam rangka HUT kerukunan umat beragama tahun 2018 yang diselenggarakan oleh kementrian agama Provinsi Kalimantan utara, Sabtu ( 6/1 ).

Acara jalan sehat itu sendiri di lepas oleh Gubernur Kaltara Dr. H. Irianto Lambire, di dampingi oleh Wagub Kaltara H. Udin Hianggio dan unsur FKPD Prov Kaltara & Kab. Bulungan. Pelepasan para peserta di tandai dengan pelepasan balon udara oleh Gubernur Kaltara Dr. H. Irianto Lambire.

Selanjutnya para peserta yang terdiri dari para pelajar, mahasiswa, TNI/Polri dan masyarakat dari berbagai Agama, suku dan Ras melaksanakan long mars mulai dari jln A Yani sampai ke finis di Lapangan Agathis. Walaupun hujan terus mengguyur para peserta selama kegiatan berlangsung, namun tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan tesebut.

Gubernur Kaltara Dr. H. Irianto Lambire dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi antar agama, suku, budaya dan lain sebagainya.

Menurutnya dengan kegiatan tersebut mari kita bangun sikap saling menghormati, saling menghargai, saling tolong menolong. Dan yang terpenting adalah mari kita tingkatkan sikap toleransi antar umat beragama, karena kita tahu bahwa negara kita adalah negara pancasila, sehingga seluruh agama yang ada di Indonesia, dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing, tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga.

Selain itu Gubernur Kaltara juga mengajak kepada semua elemen jangan saling iri, dengki dan jangan saling adu domba antara satu golongan dengan yang lainnya.

Danbrigif-24/BC Kolonel Inf Jones Sasmita menyampaikan bahwa kegiatan kegiatan seperti ini harus dipertahankan dan dilestarikan serta dijadikan agenda rutin tahunan.

Selain itu Kolonel Jones Sasmita mengajak semua elemen yang ada harus bahu membahu, bersatu padu, bahu membahu untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. ” Walaupun kita berbeda Agama, suku, budaya dan warna kulit, namun kita adalah sama sama sebagai putra san putri Bangsa Indonesia”. Menurutnya dengan terselenggaranya kegiatan ini akan dapat membentengi kita dari hal-hal yang dapat memecah belah sesama anak bangsa, tegas Kolonel Inf Jones Sasmita.

Acara jalan sehat kali ini di isi dengan kegiatan ikrar bersama bagi pemeluk agama yang ada di Prov Kaltara di tandai dengan penandatangan nota kesepahaman kerukunan antar umat beragama oleh masing-masing perwakilan agama, serta pembagian Hadiah atau Door prize seperti, sepeda motor, sepeda, kulkas, mesin cuci dan beberapa hadiah hiburan lainnya.

Selain itu pada tahun ini Pemprov Kaltara menyiapkan hadiah khusus yaitu Wisata Religi atau beribadah ke tempat ibadah sesuai dengan agama masing-masing, agama Islam 2 orang umrom ke tanah suci, agama Nasrani ke Yerussalalem dan Vatikan dan agama Budha dan Hindu masing masing beribadah ke Negara India.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.