MEMPERINGATI HARI JUANG KARTIKA

Upacara Hari Juang Kartika merupakan refleksi dari jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Prajurit Yonif 614 Raja pandhita melaksanakan upacara Hari Juang Kartika ke-73 Tahun 2018 di Lapangan upacara yonif 614 Raja Pandhita, Malinau, Kalimantan Utara. Sabtu (15/12/2018).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Yonif 614 Raja pandhita Mayor Inf Andi Sinrang dan Komandan Upacara Letnan Satu Inf Iwan Setiawan, upacara berlangsung dengan hikmat dan tenang.
Dalam amanat Kepala staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, yang dibacakan Inspektur Upacara Mayor Inf Andi Sinrang, menyampaikan bahwa Hari Juang Kartika yang diperingati hari ini, juga terkait erat dengan salah satu peristiwa bersejarah tentang kebersamaan nyata TNI Angkatan Darat dengan rakyat.

Sesuai dengan tema Hari Juang Kartika tahun 2018 ini yaitu, ” TNI Angkatan Darat Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat” sangat tepat merepresentasikan komitmen prajurit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

Torehan tinta emas peristiwa Palagan Ambarawa dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan kolonial Belanda. Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan, serta kerelaan berkorban jiwa dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dari peristiwa heroik ini, kita mendapatkan teladan nyata dari para pahlawan bangsa tentang bagaimana menjalankan setiap panggilan tugas negara. Semangat juang seperti inilah yang selayaknya terus digelorakan dalam jiwa dan ditanamkan dalam hati sanubari setiap prajurit TNI AD.

Selaku generasi penerus bangsa, kita wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat tersebut sebagai pendorong pengabdian kita dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks serta dinamis. Saya mengajak agar momentum peringatan Hari Juang Kartika kita memanfaatkan untuk melakukan introspeksi serta koreksi diri dan selanjutnya menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama guna mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional saat ini dan masa yang akan datang.

About admin

Admin Web Brigif 24/BC

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.