YONIF 614/RJP LAKSANAKAN LATIHAN KESIAPSIAGAAN PENANGULANGAN HURU HARA DALAM RANGKA MENGHADAPI PILPRES DAN PILLEG 2019

YONIF 614/RJP LAKSANAKAN LATIHAN KESIAPSIAGAAN PENANGULANGAN HURU HARA DALAM RANGKA MENGHADAPI PILPRES DAN PILLEG 2019

MALINAU – 11/2/2019 Salah satu massa pendukung pasangan calon tidak terima dengan hasil keputusan sidang sengketa pemilu yang ditolak MK, akibat hasil tersebut memicu kerumunan massa berjalan berorasi menuju kantor pemda Kab. Malinau dan berusaha menduduki serta melumpuhkan akses jalan yang ada di depan Pemda Kab. Malinau agar kegiatan dinas dan operasional Pemkab Malinau berhenti total.

Dalam orasinya massa pendemo menginginkan agar di ulang kembali persidangan sengketa pemilu dan memenangkan sesuai dengan hasil yang nyata bukan hasil yang fiktif.
Mengatisipasi hal tersebut Bupati Kab. Malinau meminta polri untuk bersiap mengatisipasi terjadinya huru-hara di lingkungan Pemda Kab. Malinau dan meminta perbatuan kepada Satuan TNI yang ada di Wilayah Kab. Malinau.

Setelah dilakukan negosiasi dengan Massa pendemo dan massa pendemo tidak puas dengan hasil negosisasi yang dilakukan, situasi semakin memanas dimana massa pendemo mulai merusak pagar dan melempari serta mencoba menerobos masuk pagar betis pasukan PHH. Aksi saling dorong antara pendemo dan aparat TNI tak terelakan lagi.
Bukanya mereda situasi malah semakin memanas pendemo semakin anarkis dengan melakukan pengrusakan dan memukuli tameng PHH dan membakar ban.

Dengan situasi yang semakin mendesak aparat TNI yang notabene merupakan Pasukan dari Yonif 614/Raja Pandhita meminta kendaraan Water Canon untuk menyeburkan air agar dapat memecah konsentarsi massa pendemo kemudian pasukan PHH Yonif 614/Raja Pandhita merengsek masuk untuk mengurai kerumunan massa pendemo dan menangkap pendemo yang dicurigai sebagai provokator tindakan anarkis tersebut agar situasi mereda dan kembali kondusif serta dapat mengedalikan massa pendemo. Itu merupakan skenario yang dilaksanakan Prajurit Yonif 614/Raja Pandhita dalam kegiatan simulasi Latihan PHH dalam rangka Pam pemilu Legislatif dan presiden tahun 2019 di Wilayah Kab. Malinau Kalimantan Utara.

Danyonif 614/Raja Pandhita Mayor Inf Andi Sinrang menjelaskan “Simulasi yang dilaksanakan merupakan bagian dari kegiatan latihan penanggulangan Huru-hara di Obyek Vital Kantor Bupati Kab. Malinau dan dapat berjalan dengan alur yang mengalir natural, mulai dari datangnya info dari pihak security pemda Kab. Malinau, menurunkan personil PHH,negosiasi dan tindakan preventif”

Lebih lanjut Danyonif 614/Raja Pandhita menambahkan Yonif 614/ Raja Pandhita akan selalu siap membantu Polri untuk menghadapi potensi ancaman seperti ini. “ Jangan sampai obyek Vital lumpuh oleh aksi semacam ini”.

About admin

Admin Web Brigif 24/BC

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.