DETEKSI DINI ANCAMAN HIV / AIDS DAN NAPZA PRAJURIT YONIF 614/RJP BRIGIF 24 / BC JALANI TES URINE DAN PENYULUHAN KESEHATAN

MALINAU – (27/11/2018),Bertempat di aula Nasution Asmil Yonif 614/Rjp dalam sambutan Danyonif 614/Rjp Mayor Inf Andi Sinrang mengatakan bahwa kegiatan tersebut di adakan di kalangan prajurit Yonif 614/Rjp bertujuan untuk menberikan Pengetahuan dan penyegaran terhadap bahaya HIV- AIDS dan NAPZA sebagai langkah satuan untuk pencegahan penularannya dengan Narasumber dr.wahyu Ningsih Lestari dari Kesdam VI/Mulawarman. Melalui kegiatan ini diharapkan, para peserta sosialisasi dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan sehingga dapat mencegah terjadi nya dan tertularnya penyakit HIV-AIDS dan NAPZA, serta memungkinkan untuk membantu penanggulangan HIV AIDS bagi para prajurit dan Keluarga.
HIV AIDS termasuk penyakit yang menyebabkan angka kematian yang sangat tinggi dan sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkannya penyakit tersebut. Sampai saat ini hanya tindakan prevetif yang dapat dilakukan untuk mengurangi angka kematian dan pencegahan penyakit tersebut antara lain dengan cara:
1. Mencegah untuk tidak kelakukan Seks secara bebas dengan berganti-ganti pasangan.
2. Bersikap setia pada satu pasangan.
3. Gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.
4. Jangan sekali-kali mencoba apalagi memakai Narkoba /NAPZA
5. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME dengan menjalankan kewajiban agamanya masing-masing
Bagi anggota dapat mengajukan pertanyaan seputar materi yang disampaikan oleh nara sumber, karena pada kesempatan inilah para peserta dapat memperdalam pemahaman pengetahuan tentang HIV AIDS dan NAPZA. Narasumber yang dapat memberikan informasi kepada para peserta secara rinci dan dengan penyampaian sederhana yang dapat diterima dan dijelaskan dengan baik dan dapat mengeleminir tentang timbulnya bahaya HIV-AIDS dan NAPZA.

Perlu disampaikan disini, yaitu dalam pelaksanaan Sosialisasi pencegahan Bahaya HIV AIDS dan NAPZA di Yonif 614/Rjp untuk membantu dan tidak untuk mengambil alih tanggung jawab dari instansi terkait. Oleh karena itu sangat diperlukan ketentuan yang baik antara pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan ini atau kegiatan sosial lainnya. Dalam kegiatan pencegahan dan bahaya HIV AIDS dan NAPZA tersebut diharapkan dapat dilakukan dengan tepat dan dapat mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan.

Untuk itu, manfaatkan kegiatan sosialisasi ini sebagai wahana untuk memahami tugas dan tanggungjawab masing-masing orang tercipta dalam pencegahan HIV- AIDS Dan NAPZA di Yonif 614/Rjp. Dalam kegiatan sosialisasi ini, nara sumber memberikan penjelasan tentang bagaimana cara pencegahan,penularan dan penanggulangan HIV – AIDS dan NAPZA, bersama dengan aplikasinya. Diharapkan seluruh peserta sosialisasi memahami materi yang disampaikan oleh Narasumber.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan Tes Urine terhadap NAPZA yang ditujukan bagi seluruh prajurit Yonif 614/RJP *dengan hasil akhir tidak ada satu pun prajurit yonif 614 /RJP yang positif mengkonsumsi NAPZA/ Negatif NAPZA

About admin

Admin Web Brigif 24/BC

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.